Blogger Harus Inget dengan Hak Cipta


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Salah satu kesalahan fatal yang banyak dilakukan blogger Indonesia adalah lupa dengan hak cipta. Ada banyak blog yang asal menampilkan foto, gambar, vidio, atau media lainnya yang bukan hasil karya sendiri tanpa menuliskan sumbernya. Masih aman jika memang media tersebut sifatnya freeware dan open source alias boleh digunakan oleh siapa saja. Namun, apa jadinya jika media tersebut dibuat dengan jerih payah dan pembuat tidak ikhlas jika ada yang mempergunakannya selain dirinya sendiri?

Gambar Hasil Searching

Saya rasa, pelanggaran hak cipta yang paling banyak dilakukan oleh blogger adalah pelanggaran hak cipta berupa media gambar. Tentu sering bagi blogger menyisipkan gambar-gambar fitur di dalam pos agar postingan bisa tampil lebih menarik. Blogger cukup melakukan searching di google images dengan menuliskan gambar apa yang ingin dicari. Dan dengan menekan Enter di kemudian, ribuan gambar pun ditampilkan.

Inget bro, google images itu bukanlah sebuah website yang menyediakan gambar gratis. Google images hanyalah sebuah mesin pencari gambar dari bermiliar web di dunia kemudian menampilkannya berdasarkan keyword yang kita cari. Jadi, sebenarnya gambar-gambar yang ditampilkan google images bisa saja memiliki hak cipta.

Lalu bagaimana solusinya?

Sahabat bisa membuka laman sumber terlebih dahulu untuk memastikan apakah gambar tersebut boleh didistribusikan ulang. Atau setidaknya Sahabat mencantumkan sumber gambar pada caption gambar di postingan Sahabat. Secara umum, hal itu sudah bisa dibilang menghargai hasil karya orang lain. Meski sejatinya, kita mesti menghubungi penulis untuk meminta izin memublikasikan ulang.

No Copy-Paste

Jangan menjadi blogger jahat! | Sumber gambar: www.freepik.com

Tantangan terberat bagi blogger pemula adalah sulitnya membuat konten blog. Susahnya mencari ide dan mengembangkannya adalah faktor utama yang menyebabkan keadaan itu. Alhasil banyak blogger pemula yang secara  tidak sadar dengan polosnya melakukan tindakan paling tercela dalam dunia blogging. Copas!

Sebenarnya melakukan copy-paste diperbolehkan selama pemiliki hak cipta yakni penulis memperbolehkannya. Kalau penulis tidak memperbolehkan pengunjung melakukan copy-paste, namun pengunjung tetap melakukannya, maka hal ini sama saja dengan melakukan pembajakan.

Dan yang perlu Sahabat ketahui, pembajakan merupakan tindakan yang dilarang, baik oleh negara maupun agama. Alasan itu pula yang membuat saya mulai belajar banyak, kalau saya harus menulis seluruh konten blog saya tanpa melakukan copas.

Premium menjadi Gratis

Kita sebagai blogger harus hati-hati dalam menulis konten. Kadang kala kita sudah benar menulis sebuah konten yang isinya membagi-bagikan software ataupun media lain yang sifatnya gratis. Memang, saat kita mencari referensi dari pihak ketiga, tertulis bahwa software/media tersebut gratis. Tapi, apakah benar gratis?

Saran saya, ketika Sahabat menulis sebuah konten yang membagi-bagikan konten gratis, alangkah baiknya kita coba mencari tahu, apakah media yang kita miliki tersebut memang bersifat non-komersil alias gratis. Sahabat bisa membuka official web dari kreator media tersebut.

Toh, rasanya sekarang banyak blogger yang menipu. Mereka menulis ‘download gratis’, padahal konten yang mereka bagikan adalah konten berbayar.

Menjadi Blogger Baik

Hmm, apa salahnya sih kita berusaha jadi blogger baik? Lagi pula, menjadi blogger baik yang taat hukum itu jauh lebih baik. Selain blog kita bisa tampil professional, insyaallah kita bisa mendapat banyak pahala darinya, bukan malah mendapat dosa.

Penutup

Sekian tulisan saya mengenai blogger harus inget dengan hak cipta. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan “Kang Arsa”. Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru…

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *