Dari Mana Asalnya Blog?


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Dari mana asalnya cinta?

Dari mata turun ke hati!

Dari mana asalnya blog?

$&%&*)(*)!@

Haduh, kalau soal cinta pasti aja nyambung, tapi kalau soal blog, agak tulalit juga. Haha. Kira-kira blog itu sejarah munculnya gimana ya? Apa blog itu hasil ciptaan Einstein? Apa blog itu adalah kloningan teknologi alien? Apa jangan-jangan blog itu muncul dari kekuatan cinta seorang manusia kepada peradaban dunia? Penasaran? Yuk simak sebentar.

Blog?

Pernah gak sih kamu bertanya, kenapa sih harus ‘blog’, sebuah kata yang kita pergunakan untuk menyebut media publikasi online seperti ini. Kenapa gak yang lain, misalnya writee, interpub, atau kata lainnya. Hehe, kayaknya cuma saya yang bertanya soal itu. Karena pertanyaan itu adalah pertanyaan gila, yang jawabannya sama saja dengan kamu menanyakan, mengapa kursi dinamai kursi?

Meski pertanyaan itu termasuk pertanyaan gila, tapi bukan berarti tidak ada jawabannya. Pada intinya, kita harus terima apa adanya hasil dari sejarah yang berlangsung di masa lalu.

Nama ‘blog’ sendiri mulai populer sejak 1997, tepatnya saat John Barger menggunakan istilah itu untuk menyyebut sejumlah situs pribadi yang berisi jurnal atau catatan harian, serta memuat tautan situs lainnya.

Boom!

Layanan Blogger.com di awal kemunculannya. | Sumber gambar: colteanucosmin.com

Pada awal kemunculannya, blog hanya dimiliki oleh segelintir orang, karena pembuatannya yang terbilang sulit. Baru pada bulan Agustus tahun 1999, munculah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan blogger.com. Kehadiran layanan ini membuat semua orang bisa membuat blog secara gratis. Dan mulai saat itu media blog booming ke seluruh penjuru dunia.

Boom! Setelah itu, layanan blogger.com kembali booming setelah layanan ini diakuisisi oleh perusahaan raksasa Google. Dan hingga saat ini, layanan blogger.com masih menempati layanan terbaik di hati banyak pengguna internet.


Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Referensi

Christian, Josephine K.. 2008. Rahasia Jadi Seleb di Blog. Bandung: Maximalis.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan “Kang Arsa”. Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru…

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *