Cara Memasang Let’s Encrypt SSL (Https) di cPanel


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Let’s Encrypt adalah organisasi non-profit baru dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis untuk semua pemilik website. Let’s Encrypt SSL gratis dan menawarkan perlindungan enkripsi standard, tapi tanpa warranty seperti SSL Certificates komersial dari RapidSSL, GeoTrust, Thawte dan Symantec.

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Tiga alasan utama kenapa website Sahabat harus menggunakan SSL (HTTPS) adalah untuk meningkatkan keamanan website, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan juga menaikkan ranking website di Google.

Pada beberapa layanan hosting, seperti Dewaweb, mereka telah menyediakan fitur SSL Grade A dari Let’s Encrypt gratis. Namun, fitur ini tidak otomatis teraktivasi secara default. Sahabat harus mengaktifkannya secara manual pada domain atau subdomain yang terpasang pada akun hosting.

Berikut cara memasang fitur SSL Let’s Encrypt (Https) pada cPanel. Di sini saya memperagakan dengan menggunakan layanan cloud hosting Dewaweb, apabila terdapat perbedaan tampilan, harap menyesuaikan.


Tahapan Pemasangan Fitur SSL


Masuk ke halaman utama cPanel. Pada bagian Security, pilih Let’s Encrypt SSL.

Gambar 1 | Beranda cPanel

Pada bagian Issue a new sertificate, pilih +Issue pada kolom Action pada domain atau subdomain yang ingin kamu pasangi fitur SSL.

Gambar 2 | Menambahkan Fitur SSL pada Domain atau Subdomain

Selesai deh. Sekarang, domain atau subdomain (telah di issue) Sahabat sudah terpasang fitur SSL, bisa dilihat perbedaannya, alamat url blog/website Sahabat tidak lagi Http, namun sudah Https.


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai cara memasang Let’s Encrypt SSL (Https) di cPanel. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *