Cara Membuat Akun Email Google


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Di zaman serba internet saat ini, kita sebagai pengguna dipaksa oleh sang raja internet untuk membuat akunnya. Beragam kemudahan Google tawarkan kepada seluruh pengguna akun Google, mulai dari penggunaan email/surel, penggunaan penyimpanan daring, pembuatan akun online, ngeblog, dan lain-lain. Biar bagaimana pun, suka tidak suka, sebaiknya kita mengikuti alur yang mereka tawarkan demi mendapat manfaat besar yang mereka tawarkan.

Cara Membuat Akun Email Google | Copyright Freepik.com

Dalam dunia blogging, saya rasa Sahabat perlu memiliki akun email Google. Biarpun Sahabat nantinya tidak menggunakan layanan blogspot, namun memiliki akun email adalah hal yang wajib dilakukan. Google sebagai salah satu penyedia layanan surat elektronik, saya sarankan Sahabat pilih, tentunya dengan berbagai alasan yang mesti Sahabat terima. Google Mail telah memberikan kemudahan akses kepada para penggunanya, yang bisa kita rasakan pada kemudahan untuk masuk ke beranda kontak masuk email, penggunaan yang mudah dipelajari, hingga sinkronisasi dengan berbagai website.

Meski sepertinya hampir semua pengguna internet sudah bisa membuat akun email Google, namun pada kiriman ini saya akan memaparkan secara jelan dan rinci cara membuat akun email Google. Kalau-kalau prediksi saya salah, kalau-kalau masih banyak pengguna internet yang belum tahu cara membuat akun email Google.

Pada dasarnya, cara ini bukanlah cara membuat email, tetapi cara membuat akun Google. Dengan membuat akun Google, kita bisa menikmati fasilitas yang mereka sediakan, salah satunya adalah layanan email gratis. Dengan akun ini juga, Sahabat diberi layanan penyimpanan gratis sebesar 15 Gb, yang bisa dipakai untuk ngeblog, menyimpan berkas, dan berkirim surat elektronik/email.

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Yuk, mari kita belajar cara membuat akun Google.


Langkah Pertama


Masuk ke beranda Google Indonesia dengan cara akses www.google.co.id

Gambar 1 | Membuka Beranda Google Indonesia

Pada bagian pojok kanan atas, terdapat kotak bertuliskan “Masuk“. Silakan Sahabat klik kotak tersebut.


Langkah Kedua


Setelah melakukan klik pada kotak bertuliskan “Masuk”. Sahabat akan menemukan tampilan seperti gambar berikut.

Gambar 2 | Formulir Masuk Akun Google

Dikarenakan Sahabat belum membuat akun Google, Sahabat tidak bisa langsung masuk melalui formulir di atas. Sahabat harus memilih “Opsi Lainnya” yang ditulis dengan teks berwarna biru. Kemudian pilih “Ciptakan Akun“.

Gambar 3 | Opsi Ciptakan Akun Google


Langkah Ketiga


Sahabat akan masuk ke halaman formulir pendaftaran baru akun Google. Berikut tampilannya.

Gambar 4 | Formulir Pendaftaran Akun Baru Google

Isikan setiap data yang diminta sesuai dengan data diri Sahabat. Isilah dengan jujur ya Sahabat. Berikut saya beri contoh cara pengisian formulir pendaftarannya.

Gambar 5 | Contoh Pengisian Formulir Pendaftaran Akun Baru Google

Setelah semua data terisi, silakan klik “Langkah berikutnya“. Setelah itu, Sahabat perlu menyetujui Privasi dan Persyaratan dengan memilih “Saya Setuju“.

Gambar 6 | Menyetujui Privasi dan Persyaratan Penggunaan Akun Google


Akun Google Sukses Dibuat


Selamat, akun Sahabat sukses dibuat.

Gambar 7 | Notifikasi Selamat Datang dari Google

Sahabat bisa kembali ke beranda Google Indonesia untuk melakukan aktivitas. Untuk masuk ke halaman Kontak Masuk Email, Sahabat cukup melakukan klik pada tulisan “Gmail“.

Gambar 8 | Halaman Beranda Google Indonesia

Tampilan professional dari halaman Kotak Masuk Google Mail bisa Sahabat nikmati sejenak. Selesailah proses pembuatan akun email Google. Sahabat bisa menggunakan layanan email ini untuk berkiriman surat elektronik dengan kawan, kerabat, ataupun kenalan baru Sahabat.

Gambar 9 | Beranda Google Mail

 


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai cara membuat akun email Google. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *