Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com)


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Blogger.com atau yang biasa disebut Blogspot adalah layanan ngeblog paling populer di Indonesia untuk saat ini. Komunitas pengguna yang tersebar luas membuat para pengguna layanan ini enggan berpindah ke layanan blogging lain. Blogspot seperti sudah masuk ke dalam hati para pengguna Internet Indonesia. Hingga membuat adanya kalimat “menang kalah, ya pakai blogspot”. Hmm, menarik juga.

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Meski blog ini tidak dibangun oleh Blogspot, saya tetap meyakini kalau Blogspot adalah layanan ngeblog paling mudah digunakan dan dipelajari oleh pemula. Seperti yang telah saya paparkan pada kiriman Tips Menentukan Layanan Ngeblog, Blogspot juga menawarkan fitur-fitur sinkronisasi dengan berbagai layanan unik, seperti Google Adsense, yang bisa membuat Sahabat bisa mendapatkan sedikit penghasilan sembari melakukan hobi ngeblog.

Sebenarnya, proses pembuatan blog di Blogspot terbilang sangat mudah. Sahabat tinggal masuk ke blogger.com, dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Namun bagi Sahabat yang masih sangat awam dalam memakai internet, apalagi Sahabat yang terlahir di masa yang berbeda (alias sudah berumur), mungkin langkah-langkah itu bisa dibilang ribet dan membingungkan. Mungkin…. Oleh karena itu, pada kiriman ini saya akan memberikan sebuah ulasan mendetail seputar cara membuat blog di blogspot.

Berikut saya paparkan.


Langkah Pertama


Masuk ke beranda Blogspot, dengan cara mengakses blogger.com

Gambar 1 | Halaman Beranda Blogger.com

Pilih “Buat Blog” untuk memulai proses pembuatan blog.


Langkah Kedua


Selanjutnya, masuk dengan akun Google yang telah sabat buat sebelumnya. Apabila belum, Sahabat bisa membaca tutorial saya mengenai Cara Membuat Akun Google. Masukkan email akun google Sahabat.

Gambar 2 | Memasukkan Email ke dalam Formulir

Kemudian, tekan tombol “Berikutnya“. Isikan password akun Google Sahabat.

Gambar 3 | Memasukkan Password Akun Google

Tekan kembali tombol “Berikutnya“.


Langkah Ketiga


Bagi Sahabat yang baru membuat akun Google. Sahabat akan dihadapkan dengan formulir pemeriksaan keamanan/verifikasi data diri. Sahabat perlu mempersiapkan ponsel yang beriskan nomor ponsel (yang sebelumnya Sahabat pakai untuk pembuatan akun Google) atau email lain (yang Sahabat pakai untuk pembuatan akun Google). Apabila Sahabat memilih menggunakan nomor ponsel, maka pilih pilihan pertama.

Gambar 4 | Memilih Jenis Verifikasi Keamanan

Selanjutnya, masukkan kode yang Google kirimkan ke nomor ponsel Sahabat ke dalam kolom formulir yang disediakan. Setelah itu Sahabat akan dihadapkan dengan halaman berikut.

Gambar 5 | Halaman Selamat Datang Google


Langkah Keempat


Kembali masuk ke halaman blogger.com, masuk ke akun Google dengan mengisi password ke dalam kotak formulir yang disediakan. Kemudian pilih “Masuk“.

Gambar 6 | Masuk ke Akun Google

Sahabat akan dihadapkan dengan konfirmasi kontak pemulihan. Cukup dilalui dengan memilik “Selesai“.

Gambar 7 | Konfirmasi Kontak Pemulihan


Langkah Kelima


Pada halaman konfirmasi profil, sebaiknya Sahabat memilik opsi Profil Google+, profil Google+ ini akan memudahkan Sahabat dalam berbagi kiriman blog. Jadi, pilih saja opsi tersebut dengan melakukan klik pada “Buat profil Google+“.

Gambar 8 | Memilih Opsi Akun

Pada halaman selanjutnya, pastikan data diri Sahabat telah benar. Jika sudah benar, pilih “Buat Profil“.

Gambar 9 | Membuat Akun Google+

Selanjutnya, Sahabat bisa menyesuaikan avatar profil Google+. Upload gambar unik yang Sahabat miliki. Kemudian pilih “Simpan“. Langkah ini bisa dilewati dengan memilih “Lewati“.

Gambar 10 | Menyesuaikan Avatar Profil Google+

Pilih “Lanjut ke Blogger” pada halaman konfirmasi profil.


Langkah Keenam


Setelah masuk ke halaman Dashboard Blogger, pilih “Buat Blog Baru” untuk membuat blog.

Gambar 11 | Membuat Blog Baru

Kemudian isikan kolom formulir data blog yang telah disediakan. Isikan Judul Blog, Alamat Blog, dan juga Tema Blog. Berikut adalah contoh pengisian kolom formulir tersebut. Pada gambar, saya akan membuat sebuah blog dengan judul Contoh Tutorial Blog Aja, alamat contohtutorialblogaja.blogspot.com, dan tema Soho. Setelah terisi, pilih “Buat Blog“.

Gambar 12 | Mengisi Formulir Pembuatan Blog Baru


Blog Sukses Dibuat


Tara…. Blog Blogspot berhasil dibuat. Berikut adalah tampilan dashboard kerja Blogspot. Mulai saat ini, Sahabat sudah memiliki blog sendiri yang bisa digunakan untuk keperluan apapun selama tidak bertentangan dengan kebijakan Google.

Gambar 13 | Tampilan Dashboard Kerja Blogspot


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai cara membuat blog di Blogspot. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *