Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Gratis


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Berbeda dengan kiriman sebelumnya mengenai cara membuat WordPress Self Hosted, pada kiriman ini saya akan memberikan sebuah hadiah spesial bagi Sahabat pengunjung Fadillah Arsa Blog. Kiriman blog yang belum pernah ada di muka dunia blogging Indonesia. Pada kiriman ini Sahabat akan saya berikan panduan membuat sebuah blog WordPress Self Hosted semi premium yang bisa dibuat secara cuma-cuma tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

Kok bisa?

Ya, saya katakan ini adalah sebuah keberhasilan yang cukup menggembirakan. Karena saya berhasil menemukan sebuah layanan penyedia hosting gratis selamanya yaitu CloudAccess.

Bener tuh gratis, jangan-jangan cuma hosting abal-abal?

Itulah kenapa saya bilang hal ini adalah keberhasilan yang cukup menggembirakan. Karena paket hosting yang disediakan saya rasa sangat mencukupi kebutuhan blogging blogger pemula. Dan performa yang ditawarkan pun sudah bisa dibilang berasa performa hosting premium. Dari beberapa alasan itulah yang menyebabkan saya memasukkan CloudAccess ke dalam kiriman saya mengenai rekomendasi hosting terbaik untuk ngeblog pada kategori hosting gratis terbaik.

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Ulasan singkat mengenai hosting gratis CloudAccess bisa Sahabat baca pada kiriman saya sebelumnya, akses di tautan berikut.

Baca: Rekomendasi Hosting Terbaik untuk Ngeblog

Nah, untuk memastikan kebenaran ulasan saya di atas, lebih baik kita langsung mencobanya. Berikut saya paparkan panduan pembuatan blog WordPress Self Hosted gratis dengan CloudAccess. Semoga dapat dipahami dengan baik.


Tahap Pertama | Masuk ke Halaman CloudAccess


Masuk ke halaman utama layanan hosting CloudAccess, dengan mengakses tautan berikut.

Gambar 1 | Halaman Utama CloudAccess

Isikan kolom pembuatan hosting gratis dengan nama subdomain yang akan Sahabat buat. Isikan asal terlebih dahulu saja, karena formulir yang sesungguhnya akan disediakan nanti. kemudian pilih Launch For Free.


Tahap Kedua | Membuat Akun Hosting


Pada banner Launch Hosting, pilih Start Now.

Gambar 2 | Membuat Akun Hosting

Pilih paket hosting gratis, dengan memilih menu Free Plan, selanjutnya pilih Start Now.

Gambar 3 | Memilih Paket Hosting

Pada halaman selanjutnya, Sahabat diberikan pilihan CMS apa yang ingin Sahabat pasang, apakah WordPress atau Joomla. Dikarenakan pada saat ini kita sedang belajar membuat blog WordPress, maka pilih Start Now pada kolom WordPress.

Gambar 4 | Memilih WordPress


Tahap Ketiga | Memasukkan Data Kebutuhan Hosting


Mengapa tadi saya bilang asal dulu saja membuat subdomainnya, karena di halaman inilah Sahabat harus membuat subdomain yang sesungguhnya. Pada halaman ini Sahabat bisa membuat subdomain gratis dengan pilihan empat domain utama. Pilih saja sesuai kehendak hati Sahabat. Dalam gambar, saya memberi contoh membuat blog dengan subdomain contohblogtutorialaja.wpdevcloud.com. Kemudian pilih Next Step.

Gambar 5 | Membuat Subdomain Gratis

Setelah itu, Sahabat dihadapkan dengan kolom kuisioner, “Apa tujuan Sahabat membuat blog?”. Isi saja dengan jujur, misalnya cuma ingin membuat blog tutorial, atau ingin membuat blog organisasi, dan lain sebagainya.

Emang kenapa kalau saya bohong?

Yang gitu ditanya, kalau bohong ya dapat dosa. Hehe.

Setelah itu pilih kembali Next Step.

Gambar 6 | Mengisi Formulir Kuisioner

Di halaman Order Summary, pilih saja Checkout.

Gambar 7 | Checkout


Tahap Keempat | Membuat Akun CloudAccess


Dikarenakan kita belum mempunyai akun CloudAccess sebelumnya, maka formulir pada halaman selanjutnya disediakan untuk proses pembuatan akun. Isikan dengan jujur, ceklist Free Order dan I agree to the CloudAccess.net Terms and Service. Kemudian pilih Complete Order.

Gambar 8 | Membuat Akun CloudAccess

Gambar 9 | Membuat Akun CloudAccess

Kembali pilih Checkout dan Complete Order.

Gambar 10 | Checkout

Gambar 11 | Complete Order

Dan, jeng-jeng, akun hosting berhasil dibuat. Masuk saja ke beranda control panel dengan memilih CCP Home pada menu di sebelah kiri.

Gambar 12 | Proses Pembuatan Akun Berhasil


Tahap Kelima | Pengenalan Aturan dan Menu Hosting


Masuk ke halaman CCP Home. Berikut saya lampirkan tampilan dari halaman CCP Home.

Gambar 13 | Halaman CCP Home

Meski hosting ini adalah hosting gratis selamanya, namun ada beberapa ketentuan yang mesti Sahabat ikuti. Hosting gratis akan bejalan selamanya selama Sahabat memperbaharui status penggunaan hosting. Caranya, masuklah ke halaman CCP Home minimal 30 hari satu kali untuk mengklik tombol “Renew“. Jika tidak, hosting gratis Sahabat secara otomatis akan terhapus. Tapi tenang saja, Sahabat akan diberitahu lewat email ketika akun hosting akan habis masa aktifnya. Artinya, hosting CloudAccess ini menyediakan paket hosting gratis selamanya.

Kenapa sih harus di “renew” segala, kan ribet?

Pastinya ada alasan CloudAccess menerapkan sistem ini, alasan yang paling logis adalah “untuk membersihkan server CloudAccess dari blog-blog sampah yang tidak aktif lagi. Supaya pengguna lain bisa menikmati juga kan.

Apa saya bisa menghapus blog saya?

Bisa, cukup klik tombol Terminate, beres.

Terus buat apa tuh tombol Login?

Tombol login bisa digunakan untuk masuk ke halaman admin WordPress tanpa harus login melalui wp-admin.


Tahap Keenam | Membuat Blog Sahabat Bisa Terindex Google


Secara default, blog Sahabat tidak bisa diakses/terindex oleh Google. Nah, untuk membuat blog WordPress Self Hosted Sahabat bisa terindex Google cukup mudah, tinggal atur di bagian setting pada halaman admin.

Masuk ke halaman admin WordPress, bisa melalui tombol Login di CCP Home, atau bisa diakses langsung melalui alamatblog/wp-admin (Misalnya saya mempunyai blog dengan subdomain contohblogtutorialaja.wpdevloud.com, maka untuk masuk ke halaman admin WordPress, saya cukup masuk ke alamat contohblogtutorialaja.wpdevcloud.com/wp-admin).

Masuk ke menu Pengaturan/Setting (di panel bagian kiri), pilih Membaca/Reading, hilangkan tanda ceklist/centang pada Search Engine Visibility/Penampakan Pada Mesin Pencari (Discourage search engines for indexing this site/Halangi mesin pencari untuk mengindeks situs ini).

Beres Deh. Silakan gunakan layanan gratis ini secara bijaksana.

Gambar 14 | Masuk ke Menu Pengaturan Membaca

Gambar 15 | Jangan Lupa, Hilangkan Tanda Ceklist/Centang


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai cara membuat blog WordPress Self Hosted gratis. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Zona Cerdas berkata:

    wah.. besar juga kapasitasnya namun kita hanya dapat dub-domain. ada satu layanan yang saya temukan dengan memberikan domain yaitu mitra hosting, mungkin agan bisa cek 🙂

    • Muhammad Fadillah Arsa berkata:

      Sudah saya cek, bagus juga tuh fiturnya. Terima kasih infornya. Tapi sayang bandwithnya kecil. kalau CloudAccess ini lebih saya rekomen buat blog besar yang membutuhkan kapasitas Ram dan CPU besar.

    • Muhammad Fadillah Arsa berkata:

      CloudAccess juga ngasih 1 Gb Ram CPU, jadi hostingnya cepet. Malah lebih cepet dari hosting berbayar yang saya pakai sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *