Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Meski tidak menempati urutan pertama layanan ngeblog populer di Indonesia, saat ini WordPress Self Hosted/CMS WordPress mulai menempati hati banyak blogger Indonesia. Peningkatan kemampuan ekonomi para blogger membuat semakin banyaknya pengguna CMS ini. Terlebih CMS WordPress tersedia secara gratis (Freeware dan OpenSource). Meski Sahabat harus menyewa hosting dan domain sendiri.

Gambar 1 | Website www.fadillaharsa.id sebagai Contoh Blog WordPress Self Hosted

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Pada kiriman ini, saya akan memberikan panduan lengkap mengenai cara membuat blog menggunakan CMS WordPress, dengan kata lain kita akan membuat blog WordPress Self Hosted. Saya akan memberikan dua pilihan bagi Sahabat, membuat blog secara berbayar dan membuat blog secara gratis. Setiap pilihan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Meski begitu, saya sarankan agar Sahabat tetap memilih membuat blog WordPress Self Hosted secara berbayar. Berikut saya paparkan keduanya.


MEMBUAT BLOG WORDPRESS SELF HOSTED BERBAYAR


Secara umum, pembuatan blog WordPress Self Hosted terbagi ke dalam dua tahapan, yaitu menyewa hosting dan domain, dan menginstall CMS WordPress. Proses instalasi tersebut terbilang mudah bagi Sahabat yang terbiasa menggunakan komputer dan internet.

Pada panduan ini, saya menggunakan layanan hosting dewaweb sebagai layanan hosting yang saya rekomendasi. Alasannya bisa Sahabat baca pada kiriman sebelumnya, Rekomendasi Hosting Terbaik Untuk Ngeblog.


Tahap Pertama | Menyewa Hosting dan Domain


Proses penyewaan hosting di Dewaweb sama seperti proses penyewaan hosting di layanan peyedia hosting lainnya. Sahabat cukup mengorder paket hosting yang diinginkan, kemudian lakukan pembayaran sesuai dengan pilihan pembayaran (Dewaweb menyediakan banyak pilihan pembayaran).

Silakan masuk ke halaman beranda Dewaweb, masuk melalui tautan berikut.

Pada bar menu, pilih menu “Layanan“, kemudian pillih “Cloud Hosting Murah untuk Personal“. Untuk kamu yang baru mulai ngeblog, saya sarankan untuk memilih paket “Hunter“, kemudian pilih “Klik disini untuk Order“. Isikan kolom formulir yang diberikan sesuai dengan data pribadi Sahabat.

Berikut saya lampirkan vidio official dari dewaweb mengenai cara order paket hosting. Harap maklum, terdapat beberapa menu/pilihan yang berbeda, karena vidio tersebut dibuat pada tahun 2014. Namun, saya rasa vidio di bawah sudah bisa menjelaskan secara jelas cara order hosting di Dewaweb. Sebaiknya Sahabat membuka terlebih dahulu vidio berikut sebelum lanjut membaca.

 

Jika sebelumnya Sahabat telah memiliki domain yang dibeli terpisah dari pembelian hosting, pada halaman Konfigurasi Paket Hosting, pilih “Saya mau beli hosting saja (tanpa domain)“, isikan formulir domain dengan domain yang telah Sahabat miliki.

Gambar 2 | Mengonfigurasi Paket Hosting

Setelah Sahabat mengorder dan membayar paket hosting, pastikan hosting yang Sahabat pesan telah aktif. Hosting aktif ditandai dengan tulisan “Aktif” pada menu hosting saya.

Gambar 3 |Status Paket Hosting Dewaweb

Catatan:

Apabila Sahabat mengalami kendala saat mengorder paket hosting Dewaweb, Sahabat bisa menggunakan chat langsung Ninja Support untuk menyelesaikannya.


Tahap Kedua | Mengatur Nameserver Domain*


*Tahap kedua ini hanya dikhususkan untuk Sahabat yang membeli domain terpisah dengan hosting pada penyedia yang berbeda. Misal: Sahabat membeli paket hosting di Dewaweb, sedangkan domain dibeli di RumahWeb.

Bagi Sahabat yang membeli paket hosting di Dewaweb, atur Nameserver domain menjadi:

ns1.dewaweb.com
ns2.dewaweb.com
ns3.dewaweb.com

Baca: Cara Mengatur Nameserver Domain


Tahap Ketiga | Memasang/Menginstall CMS WordPress


>>> Masuk ke cPanel Dewaweb

Masuk ke halaman client Dewaweb, caranya cukup login di halaman utama Dewaweb (bagian bawah).

Gambar 4 | Masuk ke Halaman Client Deaweb

Selanjutnya, pada menu Paket Hosting Saya, pilih tombol Setup untuk masuk ke dalam halaman pengaturan.

Gambar 5 | Daftar paket Hosting

Kemudian pilih Log In To cPanel.

Gambar 6 | Memilih Opsi cPanel

>>> Domain Apa yang akan Sahabat Pasang WordPress?

Sebelum memasang WordPress, Sahabat perlu tahu kalau WordPress bisa dipasang di domain utama dan juga subdomain. Sekarang Sahabat perlu merenung sejenak. Apakah Sahabat akan membuat blog dengan alamat domain utama, atau justru dengan alamat subdomain.

Memang, apa sih bedanya domain dan subdomain?

Singkatnya gini ya, subdomain itu adalah domain turunan. Jika Sahabat memiliki domain fadillaharsa.id, Sahabat bisa membuat subdomain blog.fadillaharsa.id, asal.fadillaharsa.id, ataupun tulisan.fadillaharsa.id.

Seperti blog saya ini, domain yang saya beli adalah fadillaharsa.id, sedangkan blog.fadillaharsa.id adalah subdomain yang saya buat di cPanel.

Jika Sahabat ingin memasang wordpress di subdomain, maka terlebih dahulu Sahabat harus membuat subdomain tersebut di cPanel. Supaya kiriman ini tidak terlalu panjang, Sahabat bisa membaca tutorial pembuatan subdomain di cPanel pada tautan di bawah.

Baca: Cara Membuat Subdomain di cPanel

>>> Memasang CMS WordPress

Setelah masuk ke cPanel, cari kategori “Software“, kemudian pilih “Softaculous Apps Installer“. Softaculous adalah sebuah software yang memudahkan kita dalam memasang CMS tertentu, misalnya WordPress ataupun Joomla.

Gambar 7 | Memilih Software Softaculous

Untuk memasang WordPress, silakan pilih “Install” pada gambar WordPress. Dikarenakan WordPress adalah salah satu CMS populer, maka biasanya CMS ini difiturkan pada halaman utama Softaculous. Nah, bagi Sahabat yang tidak menemukan CMS WordPress di halaman utama, Sahabat bisa mencarinya dengan menggunakan kota pencarian.

Gambar 8 | Menginstall WordPress

Pada halaman selanjutnya besar kemungkinan banyak di antara Sahabat yang pusing tujuh keliling. Bingung mengisi formulir penginstallan. Apalagi yang gak bisa bahasa Inggris. Wkwkwk, muter-muter kali ya…

Bagi Sahabat yang bingung, bisa Sahabat ikuti keterangan berikut.

Keterangan Bantuan Pengaturan Pemasangan WordPress

Kemudian pilih “Install“.


Tahap Keempat | Memasang Fitur SSL/Https*


Tahapan ini khusus untuk Sahabat yang memakai layanan hosting Dewaweb atau layanan hosting lain yang menyediakan SSL Gratis.

Baca: Cara Memasang SSL Https di cPanel


Tahap Kelima | Masuk ke Halaman Admin WordPress


Untuk masuk ke halaman admin WordPress Self Hosted yang telah Sahabat buat tadi, cukup masuk ke url blog Sahabat ditambah dengan “/wp-admin. Jadi, kalau Sahabat membuat blog pada domain www.fadillaharsa.id, maka untuk masuk ke halaman admin WordPress, cukup tulis www.fadillaharsa.id/wp-admin . Mudah kan?

Kemudian login dengan username dan password yang telah Sahabat buat sebelumnya.


MEMBUAT BLOG WORDPRESS SELF HOSTED GRATIS


Sepertinya saya harus membahas cara pembuatan WordPress Self Hosted Gratis ini di kiriman yang lain. Karena rasanya terlalu panjang jika saya gabungkan dua panduan dalam satu kiriman. Silakan Sahabat akses tautan berikut.

Baca: Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Gratis


PENUTUP


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai cara membuat blog WordPress Self Hosted. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. silabanreno berkata:

    artikel nya bagus gan…keren dan bermanfaat sekali
    super sekali gan gan….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *