Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di cPanel


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Apabila Sahabat memiliki akun hosting yang menyediakan layanan pembuatan akun email, seperti layanan hosting Dewaweb. Sejatinya Sahabat bisa membuat email dengan domain yang di hosting pada layanan hosting tersebut. Misalnya saja saya memiliki domain fadillaharsa.id, maka otomatis saya bisa membuat akun email dengan alamat email sukasukakamu@fadillaharsa.id, atau mail@fadillaharsa.id, atau surel@fadillaharsa.id, dan lain sebagainya. Keren bukan?

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Sebenarnya cara pembuatannya cukup mudah, apalagi kalau panel hosting Sahabat memakai cPanel. Sudah banyak tuh tutorial-tutorial yang bisa memandu Sahabat membuatnya. Tentu saya juga gak mau kalah, saya juga ikut-ikutan buat tutorialnya. Meski sebenarnya, cara membuat email di cPanel itu gak usah dijelasin, udah pada bisa sendiri.


Tahapan Membuat Email di cPanel


Masuk ke halaman utama cPanel. Pada kiriman ini saya mencontohkannya dengan menggunakan cPanel penyedia layanan hosting Dewaweb. Apabila terdapat perbedaan tampilan, harap menyesuaikan.

Pada bagian Email, pilih Email Accounts.

Gambar 1 | Kategori Email pada Halaman Utama cPanel

Selanjutnya buat email dengan mengisikan data-data yang diperlukan.

  • Pada kolom Email, isikan dengan alamat email yang ingin dibuat. Dalam contoh saya ingin membuat email dengan alamat mail@fadillaharsa.id, maka saya cukup ketikkan mail.
  • Pada kolom Password, isikan dengan password untuk membuka email tersebut nantinya.
  • Pada kolom Maibox Quota, isikan dengan batas maksimal daya tampung akun email. Saya sarankan, pilih saja Unlimited.

Setelah semua terisi, Create Account.

Gambar 2 | Membuat Akun Email

Selesai deh.

Catatan:

Untuk menggunakan email, sahabat tinggal masuk ke Webmail. Webmail dapat dibuka melalui halaman Email Accounts pada cPanel.


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai cara membuat email dengan domain sendiri di cPanel. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *