Cara Membuat Subdomain di cPanel


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: wikipedia.org merupakan sebuah domain induk. Sedangkan id.wikipedia.org merupakan sebuah sub domain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti id.wikipedia.org. id merupakan subdomain wikipedia, sedangkan wikipedia itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga merupakan Third level domain. (Wikipedia)

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Contoh praktis dari penerapan subdomain bisa Sahabat lihat di blog saya, saya memiliki blog yang menggunakan domain utama www.fadillaharsa.id, dan blog ini adalah blog yang menggunakan subdomain dari blog utama, yaitu blog.fadillaharsa.id. Kata “blog” sebelum .fadillaharsa.id merupakan contoh subdomain.

Membuat subdomain di cPanel terbilang cukup praktis, sangat-sangat praktis. Berikut saya paparkan.


Tahapan Pembuatan Subdomain di cPanel


Masuk ke halaman utama cPanel. Pada kiriman ini saya memberikan tutorial menggunakan cPanel Dewaweb. Silakan disesuaikan apabila terdapat perbedaan dengan cPanel Sahabat. Pada kategori Domains, pilih Subdomain.

Gambar 1 | cPanel Dewaweb

Cukup ketikan subdomain yang ingin Sahabat buat pada kolom Subdomain, kosongkan saja kolom Document Root, kemudian pilih Create. Pada gambar di bawah, saya berikan contoh pembuatan subdomain subdomain.fadillaharsa.id, maka saya cukup mengetikan “subdomain” pada kolom Subdomain.

Gambar 2 | Membuat Subdomain di cPanel

Beres deh. Dengan adanya subdomain baru, maka Sahabat bisa memasang CMS WordPress atau CMS lainnya pada subdomain tersebut. Keren kan?


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai cara membuat Subdomain di cPanel. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Referensi


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Subdomain

Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *