Tips Memilih Layanan Ngeblog


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Hal krusial kedua setelah menentukan topik blog adalah memilih layanan ngeblog. Banyak sekali blogger pemula yang bingung harus memilih layanan blog yang mana. Karena rekomendasi blogger professional berbeda-beda. Apalagi, saat ini semua layanan blog mulai aktif bersaing menjadi raja layanan blog.

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Terus, saya mesti pilih yang mana?

Berdasarkan pengalaman ngeblog selama tiga tahun, serta rekomendasi para blogger sukses. Saya hanya bisa merekomendasikan tiga layanan ngeblog kepada Sahabat.

Apa aja tuh?

WordPress atau Blogspot | Copyright hostinger.co.id

Tiga layanan yang saya rekomendasikan ialah Blogspot, WordPress.com, dan WordPress Self Hosted/CMS WordPress (WordPress.org). Maaf banget Sahabat, dengan berat hati saya hanya bisa merekomendasikan tiga layanan ngeblog ini. Karena menurut saya, layanan ngeblog selain tiga layanan tersebut masih kurang cocok dengan kebutuhan ngeblog blogger Indonesia, serta masih banyak kekurangan lainnya yang meliputi serp, tampilan, performa, dan kemudahan penggunaan.


Tips Memilih Layanan Ngeblog


Menurut saya, memilih layanan ngeblog adalah hal yang paling sulit dalam tahap persiapan ngeblog. Karena salah salah menentukan layanan ngeblog dan baru terasa kurang pas di tengah jalan itu rasanya nyesek, alias membuat sakit hati. Proses pemindahan blog ke layanan lain terbilang cukup sulit. Bukan sulit untuk migrasinya, namun sulit untuk melakukan pengaturan ulang sehingga blog kita bisa tampil baik kembali.

Tips menentukan layanan blog dari saya adalah pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, kalau tujuan ngeblog itu sangat berpengaruh terhadap semua aktivias blogging. Apalagi dalam memilih layanan ngeblog.

Selain itu, kondisikan juga dengan kesiapan materi pendukung lainnya, seperti perangkat gadget yang dimiliki, kondisi keuangan saat ini, hingga kondisi keuangan kedepannya.

Rasanya lebih baik saya perkenalkan satu per satu terlebih dahulu ketiga layanan ngeblog yang saya rekomendasikan. Supaya Sahabat bisa jauh lebih mudah menentukan layanan yang harus dipilih.


Blogspot (Blogger.com)


Layanan blogger.com menjadi salah satu layanan blog dengan pengguna terbanyak semenjak layanan blog populer pertama ini diakuisisi oleh Google, si raksasa internet pada tahun 2003.

Apalagi, saat ini blogger.com mulai populer kembali semenjak adanya update efektif yang dilakukan terhadap fitur penampilan/tema dan juga integrasi iklan adsense di tahun 2017.

Adapun kelemahan dan kelebihan dari blogger.com bisa Sahabat perhatikan di bawah.

Kelebihan
Kekurangan

Dari kekurangan dan kelebihan di atas, saya rasa layanan blogspot ini sangat cocok untuk:

  1. Sahabat yang ingin membuat blog untuk memublikasikan tulisan.
  2. Sahabat yang baru belajar ngeblog.
  3. Sahabat yang ingin memulai ngeblog dengan modal nol rupiah (disamping kuota internet dan perangkat gadget).
  4. Sahabat yang ingin menghasilkan uang dengan ngeblog.

Dan sangat tidak disarankan untuk:

  1. Sahabat yang ingin membuat website jual beli online (disarankan memakai WordPress Self Hosted).
  2. Sahabat yang memiliki keadaan finansial baik (disarankan memakai WordPress Self Hosted).

WordPress.com


WordPress.com adalah sebuah layanan ngeblog gratis yang didirikan oleh perusahaan Automatic. Sesuai dengan namanya, yang kalau kita sandingkan dengan nama sebuah aplikasi tulis kantor ciptaan Microsoft, layanan WordPress lebih mumpuni dalam penyediaan mesin blog hingga tampilan yang cukup memanjakan mata.

Meski begitu, pastinya setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling mengalahkan satu sama lain. Berikut kelebihan dan kekurangan dari WordPress.com.

Kelebihan
Kekurangan

Dari kekurangan dan kelebihan di atas, saya rasa layanan WordPress.com ini sangat cocok untuk:

  1. Sahabat yang ingin ngeblog hanya sebatas kebutuhan tulis-menulis.
  2. Sahabat yang ingin memublikasikan karya tulisnya.
  3. Sahabat yang tidak berniat mencari penghasilan banyak dari ngeblog.
Catatan:

Mohon maaf, Fadillah Arsa Blog tidak menyediakan tutorial penggunaan WordPress.com


WordPress Self Hosted/CMS Freeware WordPress


Sahabat jangan terkecoh dengan kesamaan nama “WordPress” pada kedua layanan ini. Berbeda dengan WordPress.com yang disediakan secara gratis , dan Sahabat tinggal memakai. CMS WordPress yang disediakan oleh WordPress.org adalah software mesin blog gratis (Freeware dan OpenSource) yang bisa Sahabat pasang di hosting (media penyimpanan yang terhubung dengan server dan jaringan internet) dan domain (nama/alamat web) yang telah Sahabat miliki. Jadi, terlebih dahulu Sahabat harus memiliki hosting dan domain.

Hosting dan domain dapat dimiliki dengan cara menyewanya dengan harga yang tidak terlalu mahal. Untuk kegiatan ngeblog sendiri, Sahabat cukup menyediakan uang kurang lebih 360.000 per tahun untuk mendapat hosting yang mumpuni ditambah dengan domain .com. Meski begitu, Sahabat pun bisa membuat blog WordPress Self Hosted secara gratis loh… (akan saya bahas pada kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula).

CMS WordPress ini tidak hanya bisa dipakai untuk membuat blog, tapi juga bisa digunakan untuk pembangunan sebuah website ataupun website jual beli online. Produk seperti bukalapak.com dan blog ini adalah salah satu contoh website/blog yang dibangun oleh CMS WordPress.

Kelebihan dan kekurangan dari WordPress Self Hosted bisa sahabt lihat di bawah.

Kelebihan
Kelebihan

Dari kekurangan dan kelebihan di atas, saya rasa layanan WordPress Self Hosted ini sangat cocok untuk:

  1. Sahabat yang niat banget jadi blogger professional.
  2. Setidaknya pernah mencoba wordpress.com atau blogspot, supaya gak melongo.
  3. Sahabat yang ingin membuat bisnis online.
  4. Sahabat yang niat banget ingin mencari penghasilan dari ngeblog.

Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai memilih layanan ngeblog. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Referensi


  • http://sugeng.id/pilih-blogger-com-wordpress-com-atau-wordpress-org/

Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *