Cara Mengatur Nameserver Domain


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Nameserver digunakan agar domain yang kita miliki merujuk pada IP dari suatu server. Pengaturan Nameserver biasanya dilakukan pada saat Sahabat hendak merujuk domain ke server hosting yang telah kita sewa. Misalnya saja dalam proses pembuatan blog WordPress Self Hosted, apabila kita membeli domain dan hosting di tempat layanan yang berbeda, maka otomatis kita harus melakukan pointing domain ke nameserver hosting. Jika kita tidak mengatur nameserver, maka domain secara default terpasang pada nameserver layanan penyewa domain, bukan pada nameserver layanan penyedia hosting yang  telah kita sewa. Akibatnya, kita tidak bisa menginstall WordPress pada hosting dengan domain kita.

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Simplenya gini nih, pengaturan nameserver itu bisa diumpamakan dengan proses sinkronisasi. Saat kita memasang suatu domain pada hosting yang telah kita sewa, maka otomatis hosting meminta agar nameserver domain diubah sesuai dengan alamat nameserver yang mereka berikan, sebagai bentuk sinkronisasi agar domain terhubung dengan layanan mereka.

Pada kiriman ini, saya akan memberikan panduan mengatur nameserver domain. Pengaturan ini saya contohkan pada penyedia layanan sewa domain RumahWeb dengan target nameserver layanan hosting Dewaweb. Setiap tahap yang akan saya paparkan pada dasarnya memiliki kesamaan dengan tahapan pengaturan di semua penyedia layanan sewa domain. Berikut penjelasannya.


Tahap 1 | Membuka Halaman Pengaturan Nameservers


Login ke Clientzone Rumahweb. Masuk ke halaman Domains. Pada list domain saya, pilih “Update Nameservers” pada domain yang dituju.

Gambar 1 | Halaman Domains di RumahWeb


Tahap 2 | Mengatur Nameservers


Pada halaman nameservers, isikan saja kolom-kolom formulir nameservers dengan nameserver target. Dikarenakan saya menghosting blog saya di Dewaweb, maka saya memasukan nameserver Dewaweb, yaitu:

  • ns1.dewaweb.com
  • ns2.dewaweb.com
  • ns3.dewaweb.com

Setiap penyedia hosting memiliki alamat nameserver yang berbeda.

Kemudian klik tombol Update Nameservers untuk menyimpan pengaturan.

*Perubahan Nameservers memerlukan waktu propagasi antara 1-24 jam, sehingga setelah perubahan NS maka domain tidak langsung mengarah ke hosting tetapi harus menunggu hingga proses propagasinya selesai. Meski begitu, terkadang perubahan Nameservers hanya membutuhkan waktu propagadi selama 1 s.d. 2 menit saja (pengalaman).

Gambar 2 | Mengatur Nameservers


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai cara mengatur nameserver domain. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *