Tips Super Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Banyak di antara kawan saya yang bertanya,

Gimana sih biar blog banyak pengunjungnya? Kalau banyak pengunjung kan seru…

Waduh, kalau ditanya seperti ini terkadang saya bingung untuk berucap apa. Ya gimana mau banyak pengunjung wong blognya cuma punya empat kiriman, udah gitu copy-paste lagi.

Terus gimana caranya supaya blog saya banyak pengunjungnya? Kalau blog gak ada pengunjungnya, ngapain kita ngeblog?

Hmm, sepertinya kamu salah konsep deh. Semua harus paham kalau pengunjung juga butuh sarana untuk bisa mengakses blog kita. Apakah mereka datang dari pencarian Google atau datang secara langsung masuk ke blog kita. Jadi, kalau kita cuma diem melongo memperhatikan layar laptop sambil berdoa ada pengunjung yang mengakses blog kita, jangan harap blog kita banyak pengunjungnya.

Iya, saya salah. Terus gimana caranya?

Nanti saya jelaskan lewat blog saya deh.


Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Sahabat, untuk meramaikan sebuah blog itu gak semudah mengajak teman bermain sepak bola. Yang pasti butuh pengorbanan waktu dan pikiran untuk menarik pengunjung ke blog kita. Ngeblog juga butuh ilmu, baik ilmu hasil belajar maupun ilmu yang muncul dari pengalaman. Blog ramai pengunjung adalah harapan semua blogger. Dan percayalah kalau untuk meraih sebuah harapan dibutuhkan tekad dan daya juang yang tinggi.

Sebelum sahabat berkicau soal “banyak pengunjung”, saya sarankan sebaiknya sahabat melakukan evaluasi dan penilaian terlebih dahulu terhadap blog Sahabat. Apakah blog Sahabat sudah memenuhi kriteria blog ramai pengunjung atau belum? Mari kita evaluasi.

Sudah Berapa Banyak Kiriman Blog Sahabat?

Kalau blog isinya cuma 2 sampai dengan 10 kiriman saja, jangan harap sahabat punya pengunjung sebanyak satu juta orang per hari. Kalau blog isinya baru 2 sampai dengan 10 kiriman saja, maka fokuslah terlebih dahulu terhadap pembangunan konten. Perbanyaklah konten blog sahabat sehingga peluang memiliki banyak pengunjung semakin besar.

Seberapa Baik Kualitas Konten Blog Sahabat?

Kalau blog isinya cuma 2 sampai dengan 10 kiriman, ditambah isinya hasil copy-paste, gimana mau banyak pengunjung? Meski gak ada yang gak mungkin di dunia ini selama Allah berkehendak. Tapi ya, saya sarankan Sahabat mesti lebih rasional dalam berfikir. Karena pada dasarnya, ngeblog itu adalah membangun konten. Semakin baik kualitas konten yang kita suguhi, maka akan semakin baik pula reaksi yang ditimbulkannya.

Emang, konten yang berkualitas itu yang gimana sih?

Hmm. Konten yang berkualitas itu… Bingung juga yah ngejelasinnya. Hmm, pokoknya konten yang berkualitas itu adalah konten yang berisikan tulisan mudah dipahami, relevan, lengkap, dan dapat dipercaya kebenarannya. Jangan sampai tuh judulnya “harimau” tapi yang kita bahas adalah “kucing”. Atau jangan sampai kita menyajikan sebuah artikel sejarah yang ditulis secara panjang lebar, tapi salah menuliskan fakta, misalnya “Indonesia merdeka pada tanggal 25 April 1999”.

Semua tulisan yang kita publish di blog adalah tanggung jawab kita. Dan kualitas berperan penting dalam pertanggung jawaban itu.

Sudah Berapa Banyak Ilmu Ngeblog Sahabat?

Ada satu wejangan yang terus disuarakan oleh para blogger professional.

Banyak belajar dulu aja, jangan dulu mikirin soal pengunjung.

Saya sendiri pun sangat setuju dengan wejangan di atas, karena pengalaman kemarin telah membuktikan hal itu. Kalau ilmu ngeblog sahabat masih cetek, jangan dulu bermimpi memiliki pengunjung yang banyak. Meski sebenarnya, wejangan ini gak sepenuhnya benar. Tapi, saya harap Sahabat bisa menjadikan wejangan ini sebagai pemacu semangat.

Sebelum Sahabat bermimpi mempunyai blog besar, saya sarankan sebaiknya Sahabat melakukan evaluasi secara rutin terhadap ilmu yang Sahabat miliki. Mulailah mengembangkan ilmu dalam mengelola blog, ilmu tulis-menulis, ilmu managemen waktu, dan juga ilmu dalam pengelolaan keuangan. Toh, ngeblog itu gak boleh asal. Kalau memang Sahabat ingin membuat blog Sahabat menjadi blog yang besar, perlu kesungguhan dalam meraihnya. Setuju?


Tips Super Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog | Sumber gambar: www.freepik.com

Setelah Sahabat telah melakukan evaluasi sendiri, dan Sahabat meyakini kalau blog Sahabat sudah memenuhi kriteria. maka mari kita lakukan beberapa hal di bawah ini, untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Jangan Dulu Mikirin Optimasi SEO (Search Engine Optimation)

Saya sendiri mempunyai pendapat yang berbeda dengan kebanyakan blogger professional. Hampir semua blogger menyarankan agar blog harus dioptimasi SEO.

Hmm, bener gak sih?

Saya sih gak menyangkal kalau opyimasi SEO itu bagus untuk blog. Saya sendiri setuju kalau optimasi SEO juga berpengaruh pada kedudukan sebuah blog di search engine. Tapi…, nah ada tapinya nih.

Secara umum, SEO itu sebenarnya gak penting-penting amat selama postingan blog Sahabat sudah memiliki kualitas yang baik. SEO cuma menambah sedikit poin atas kekuatan sebuah blog. Jadi, saya sarankan lebih baik tidak terlalu mengurusi SEO, terutama untuk kalian yang masih belajar ngeblog. Pikirkan saja terlebih dahulu kualitas blog Sahabat, untuk cara meningkatkan jumlah pengunjung, Sahabat bisa melakukan trik-trik lain yang akan saya jelaskan di bawah. Tapi, kalau memang Sahabat tertarik untuk melakukan optimasi SEO, maka lakukan saja, itu lebih baik ketimbang tidak melakukan apa-apa.

Memperkenalkan Kepada Teman Dekat dan Keluarga

Rasanya enggak terlalu berpengaruh sih, tapi saya melihat ada sebuah potensi besar jika teman dekat dan keluarga Sahabat mengetahui lebih dulu akan blog Sahabat ketimbang orang lain. Jelaskan kalau blog tersebut akan Sahabat untuk blablabla. Percaya gak percaya, jika teman dan keluargamu sangat peduli terhadap kamu. Setidaknya, kita bisa berharap ia bisa mendoakan kesuksesan kita dalam ngeblog.

Hmm, bisa-bisa…

Promosi Lewat Media Sosial adalah Cara Terbaik

Sebenarnya tips ini hampir satu alur dengan tips di atas, namun terdapat perbedaan signifikan pada hasil yang akan didapat. Dengan melakukan promosi secara baik dan aktif, pengunjung blog kamu akan terus bertambah, dan memancing orang lain untuk turut mengunjungi blog Sahabat. Karena basis massa terbesar pada saat ini ada di media sosial.

Tinggal nge-share tautan blog doang tuh? Yakin bakal ada yang dateng?

Ya gak gitu juga kali. Masa follower/teman cuma punya 100 bakal nambah 1000 pengunjung blog. Halah, promosi lewat media sosial juga butuh ilmu, gak bisa asal share doang. Kita perlu mengumpulkan basis follower dan teman terlebih dahulu. Setelahnya kita harus memahami bagaimana karakteristik postingan yang baik. Kita perlu membuat semenarik mungkin postingan media sosial yang bertautan dengan blog kita, agar follower/teman media sosial kita bisa masuk ke blog kita.

Misalnya nih saya punya postingan mengenai “cara mendapatkan uang dari blog”, supaya banyak follower/teman yang tertarik membaca, saya bisa aja tuh menuliskan “Alhamdulillah, dapet banyak uang lagi cuma dari ngeblog, gak sia-sia saya ngeblog. Eh, jangan ngiler gitu dong. Kepingin? Hmm, mending baca dulu postingan saya yang satu ini, kali aja kamu bisa kayak saya.”

Tips Unik untuk Pengguna Blogspot

Hehe, ada tips unik nih dari saya yang bisa membuat peringkat blog Sahabat di Google semakin menuju ke puncak. Tapi khusus pengguna blogspot aja ya. Tips ini gak susah, tapi harus dilakukan secara telaten.

Tips apa sih?

Cukup kunjungi tiap hari blog Sahabat sendiri, kunjungi satu per satu setiap pos yang ada. Tapi jangan lupa untuk keluar dulu dari akun Google Sahabat. Percaya deh, cara ini sedikit berpengaruh. Saya sendiri udah membuktikannya.

Melakukan Silaturahmi Online

Silaturahmi online? Hehe, yang saya maksudkan di sini adalah melakukan blog walking. Disamping agama yang menyuruh kita saling bersilaturahmi, saya pun menganjurkan agar Sahabat sering-sering melakukan silaturahmi dengan para blogger lainnya.

Caranya?

Cukup dengan berkunjung ke blog lain, dan berkomentarlah dengan baik pada kolom yang disediakan. Bahkan jika memungkinkan, ajak diskusi sang pemilik blog. Dan jangan lupa untuk mengajak mereka berkunjung ke blog sahabat. Mudah bukan?

Saya sendiri terkadang melakukan cara ini untuk mendapatkan pengunjung lebih cepat.

Ada juga cara lain untuk menyambung silaturahmi dengan para blogger, yaitu dengan cara mengikuti forum/grup para blogger. Katanya sih ada banyak forum blogger, baik itu berupa website maupun grup media sosial. Cuma saya sendiri sih gak ngikut-ngikut yang begituan, karena saya sendiri kurang punya banyak waktu luang.

Oh ya, kalau sahabat mau gabung dengan grup blogger buatan saya, tepatnya memakai media sosial LINE (Line Square), bisa langsung masuk melalui tautan berikut >>> https://line.me/ti/g2/EJQYR1P3VF

Ngulik Postingan

Kalau blog isinya biasa-biasa aja alias mainstream, peluang memiliki pengunjung yang banyak gak terlalu besar. Tapi bisa aja sih. Tapi lebih hebat kalau blogmu itu punya ciri khas dalam menampilkan konten. Hmm, bisa dengan memunculkan konten-konten yang jarang diposting orang, konten yang kontroversial, konten yang lagi banyak dicari orang, atau konten yang biasa namun dibalut dengan judul memikat. Semua itu bisa juga menjadi cara untuk memikat pengunjung masuk ke blog Sahabat.

Aktif di Dunia Nyata

Blogger hebat bukan hanya terkenal di di dunia maya saja, namun juga harus bisa terkenal di dunia nyata. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan diri kita sebagai seorang blogger. Gak harus dengan cara menyombongkan diri. Ada banyak cara baik yang bisa kita lakukan. Hmm.

Misalnya aja mengajari teman-teman untuk bisa ngeblog, melakukan penyuluhan dan bimbingan secara langsung kepada masyarakat, atau bisa juga membuat acara-acara yang berkaitan dengan blog seperti lomba ataupun event lainnya.

Memasang Iklan

Kalau sahabat memiliki budget yang lebih untuk mengembangkan blog sahabat. Sahabat bisa memasang iklan yang mempromosikan keberadaan blog Sahabat. Baik dilakukan melalui Google Adsense ataupun menyewa kolom iklan di website/blog populer. Cara ini adalah cara tercepat untuk mempromosikan blog dan mendapatkan banyak pengunjung. Namun dengan syarat, blog Sahabat sudah mapan, alias memiliki konten yang banyak dan juga baik. Jangan sampai tuh, pengunjung yang masuk malah keluar lagi karena gak ada postingan yang menarik.


Penutup

Saya cukupkan di sini kiriman mengenai tips super meningkatkan jumlah pengunjung blog. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Marya berkata:

    Hallo Mas Arsa, aku Marya dari forum LINE square nih Mas. Suwun dulu Mas, ikut nyimak dulu buat belajar ngeblog-nya. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *