Panduan Ngeblog untuk Pemula


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Tidak terasa, sudah tiga tahun saya berkecimpung di dunia blogging. Meski terbilang sudah cukup lama, namun ilmu yang saya miliki masih belum cukup untuk bisa meraih hal yang saya inginkan. Ya, cukup sulit memang, belajar ngeblog secara otodidiak tanpa seorang guru dan pembimbing, hanya ditemani internet dan beberapa buah buku. Ngeblog itu terlihat mudah, cukup buat blog, posting, jadi deh. Tetapi nyatanya, ngeblog itu merupakan kegiatan kompleks yang terlihat simple.

Panduan Ngeblog untuk Pemula | Copyright Freepik.com

Pada kiriman ini, saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman saya selama menjadi seorang blogger. Menjadi guru bagi Sahabat yang ingin menjadi seorang blogger professional. Memang, saya tidak bisa membuat Sahabat secara singkat menjadi blogger professional. Tapi, semoga saja dengan adanya kiriman ini, Sahabat bisa terbantu mempelajari lebih cepat dunia blogging.


Apa itu Blog?


Sebenarnya sudah banyak yang tahu soal blog. Hampir semua orang yang pernah mengenyam pendidikan hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat sudah paham “apa itu blog?”.

Singkatnya,

Blog adalah nama populer dari web log, sebuah aplikasi web yang berisikan tulisan-tulisan dan dapat diakses oleh seluruh pengguna internet. Secara umum, blog dibauat sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian. Namun, seiring perkembangan zaman, blog juga banyak digunakan sebagai sarana mencari uang.

Kalau gak mau ribet, saya kasih contohnya. Halaman ini adalah contoh dari blog, tentunya halaman ini memuat tulisan saya yang dapat dibaca oleh seluruh pengguna internet.


Pastikan Sahabat Memiliki Tujuan


Seperti yang telah saya tulis di atas, saat ini blog tidak lagi hanya digunakan sebagai media publikasi tulisan pribadi. Blog dengan cepat telah ber-evolusi menjadi sebuah media dengan beragam fungsi. Sebelum Sahabat memulai ngeblog, sebaiknya Sahabat sudah memastikan tujuan utama Sahabat ingin ngeblog.

Kenapa harus dipastikan?

Ada perkataan, “setiap langkah kita haruslah bertumpu pada tujuan yang diinginkan”. Ngeblog juga begitu, setiap tujuan ngeblog memiliki jalan masing-masing. Perbedaan tujuan ngeblog ini juga menimbulkan perbedaan jenis ilmu yang harus Sahabat timba.

Berikut, beberapa tujuan umum orang-orang ingin ngeblog.

>>> Mewadahi Hasil Karya Tulis

Kalau Sahabat adalah seorang penulis, pastinya Sahabat memiliki banyak tulisan keren yang pernah dibuat. Dikirim kesana kemari, ditolak disana-sini. Nah, daripada tulisan Sahabat hanya menjadi se-onggok corak tinta belaka, lebih baik Sahabat mengumpulkan karya tulis itu dalam sebuah blog. Ya, dengan tujuan agar orang lain bisa membaca hasil karya tulis sahabat, agar orang lain bisa terinspirasi dengan karya tulis Sahabat, ataupun agar orang lain bisa lebih mengenal keistimewaan karya tulis sahabat.

Dengan adanya blog pula, Sahabat bisa lebih mudah memperkenalkan diri sebagai penulis professional.

>>> Membantu Orang Lain

Bagi Sahabat yang pernah merasakan pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat, pasti Sahabat sudah lebih mengenal satu tahap lebih dulu soal dunia blogging. Ingat kan? Dulu Sahabat diajari memosting segala sesuatu yang bermanfaat di blog Sahabat. Meski hanya bisa copy lalu paste. Itu saja sudah cukup menjelaskan salah satu fungsi ngeblog.

Dengan blog, kita bisa saling berbagi ilmu kepada sesama. Dari sabang sampai merauke, hingga orang luar negeri yang mengerti bahasa Indonesia bisa mengakses blog kita.

Apa jadinya?

Dengan blog, ilmu lebih cepat menyebar ketimbang harus dikirim lewat pos, ilmu lebih murah karena gak perlu lagi membeli buku, pokoknya keren deh. Dengan blog, negara kita bisa berkembang lebih cepat.

>>> Mencari Sesuap Nasi

Hehehe, kayaknya sedih banget ya bahasanya, “mencari sesuap nasi”, kayak yang kelaparan aja. Maksud saya, blog bisa dijadikan sebagai sarana mencari penghasilan loh. Gak hanya penghasilan pasif, penghasilan aktif pun bisa kita dapatkan hanya dengan blog.

Ya, hanya dengan ngeblog.

Ah masa?

Benar sekali, blog sangat memungkinkan kita gunakan sebagai media mendapatkan penghasilan bulanan. Tetapi, jangan bayangkan, Sahabat menulis satu minggu, terus datang deh uang satu miliar. Hadeuh…, tidak semudah itu mendapatkan uang dari ngeblog.

Jujur, saya pun mulai semangat ngeblog setelah terobsesi dengan kata “uang”, sebab sudah banyak anak Indonesia yang kaya mendadak hanya dari ngeblog. Ada Mas Sugeng yang berhasil mendulang jutaan rupiah, ada juga Mas Eka Lesmana yang berhasil mengukuhkan diri sebagai blogger terkaya Indonesia. Bagaimana gak kaya, ia bisa mendapat uang kurang lebih 100 juta per bulan hanya dengan ngeblog. Wauu…

>>> Maka, Pastikanlah Tujuanmu

Lagi, saya katakan, pastikanlah tujuanmu. Karena kalau tujuan Sahabat hanya ingin mewadahi karya, Sahabat cukup belajar ngeblog hingga Sahabat bisa membuat blog dan bisa memosting karya. Jauh berbeda dengan tujuan ingin mecari uang, Sahabat perlu belajar banyak soal blog, mulai dari pembuatan blog, belajar menulis, belajar SEO, belajar sedikit ilmu koding, hingga belajar memonetisasi blog.


Start Here


Cukup mudah rasanya ketika Sahabat telah menentukan tujuan. Sahabat tinggal mengikuti langkah yang telah jelas alurnya, alias tinggal praktik. Di sini saya telah mengategorikan panduan di bawah menjadi beberapa bagian yang dikategorikan berdasarkan topik pembahasannya. Saya sarankan agar Sahabat membacanya satu per satu secara berurutan.

Tahap Pengenalan
Tahap Inti

Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai panduan ngeblog untuk pemula. Saya rasa postingan sudah sangat mencukupi kebutuhan Sahabat untuk menjadi blogger kelas teri. Untuk menjadi blogger kelas kakap, pengalaman yang akan menempamu secara alami.

Apabila Sahabat membutuhkan tutorial-tutorial ngeblog lebih lengkap, Sahabat bisa mencari kebutuhan tutorial blogging pada bagian kumpulan kiriman kami di tautan berikut. Sahabat juga bisa menggunakan fitur pencarian pada bagian menu melayang, untuk mencari tutorial yang Sahabat butuhkan pada blog ini.

Semoga sukses. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Referensi


  • http://sugeng.id/panduan-ngeblog-untuk-pemula/
  • http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan “Kang Arsa”. Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru…

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. rama berkata:

    terima kasih banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *