Perbedaan antara Shared Hosting dengan Cloud Hosting


Perbedaan antara Shared Hosting dengan Cloud Hosting | Copyright Dewaweb.com

Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Perbedaan antara Shared Hosting dengan Cloud Hosting itu bisa diibaratkan seperti perbedaan koloni manusia tradisional yang makmur dengan koloni manusia modern yang makmur. Keduanya terbilang sukses menggapai tujuan menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan. Namun, koloni manusia tradisional secara fakta memiliki kekurangan dalam hal penerapan teknologi untuk mengatasi Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) yang bisa saja tiba-tiba menyerang. Berbeda dengan koloni manusia yang sudah memiliki kemampuan mengatasi setiap masalah yang datang.

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Shared Hosting


Saat ini sudah banyak penyedia layanan shared hosting yang membandrol paket hosting murah. Ada yang cuma 14.000 per bulan seperti Niagahoster, bahkan ada pula penyedia shared hosting luar negeri yang memberikan paket hosting unlimited dengan harga kurang dari 1 USD.

Tapi ya, biar bagaimanapun, murah atau mahal, fitur lengkap ataupun tidak lengkap, shared hosting tetaplah shared hosting, sistem operasinya sama saja. Sesuai dengan namanya, shared hosting adalah sebuah sistem hosting yang menyediakan sistem penggunaan bersama. Sumber daya mesin server dibagi-bagi pengalokasiannya ke beberapa pengguna. Umumnya shared hosting ini tidak cocok digunakan untuk blog dengan kapasitas pengunjung besar. Karena pada shared hosting yang dirancang sebagai mesin server bersama, ketika ada satu saja pengguna yang memakai kapasitas terlalu besar, maka akan berdampak secara langsung terhadap pengguna satu server lainnya. Sehingga terjadilah overload/downtime yang menyebabkan blog/web para penggunanya lemot.

Ibarat koloni manusia tradisional, meskipun terkadang shared hosting juga memiliki fitur dan kualitas yang bagus. Namun ancaman menghantui di setiap saat karena teknologi yang dipakai tidak mutakhir.


Cloud Hosting


Cloud hosting adalah sebuah solusi cerdas masa kini yang menyuguhkan kemampuan mutakhir. Cloud hosting hadir berkat perkembangan teknologi. Pada sistem cloud hosting, sistem hosting dibangun dari rangkaian server-server yang saling terhubung satu sama lain dan menjalankan fungsi yang sama.

Ketika Sahabat menghosting website di cloud hosting, maka jangan takut akan terjadinya kegagalan server/downtime. Dalam sistem cloud hosting, apabila ada salah satu server rusak, maka mesin server yang lain akan mengambil alih tugas dalam waktu singkat. Jadi blog/website yang di hosting akan selalu uptime.

Kelebihan cloud hosting lainnya yaitu adalah individualisme penggunaan. “Hadeuh bahasanya kacau”. Maksudnya blog/website Sahabat tidak akan terbebani oleh besarnya pemakaian kapasitas oleh pengguna lainnya. Jika salah satu pengguna melebihi batas penggunaan wajar. maka hanya website pengguna tersebutlah yang mengalami penurunan performa.

Jauh berbeda dengan shared hosting kan?

Ibarat koloni masyarakat modern, cloud hosting telah menyediakan sebuah sistem cerdas yang dibangun dengan teknologi murakhir untuk mengantisipasi setiap ancaman yang ada. Hebat kan?


Perbedaan Harga Shared Hosting dengan Cloud Hosting


Beda teknologi ya beda harga lah. Tapi tenang, perbedaan harga tidak begitu mencolok jika kita mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan penggunaan. Saat ini shared hosting lokal Niagahoster menawarkan paket shared hosting unlimited seharga Rp. 50.000. Sedangkan untuk cloud hosting Dewaweb, mereka menawarkan paket cloud hosting 1 Gb seharga Rp 30.000 (cukup untuk ngeblog).

Berdasarkan pengalaman dan juga review para blogger. Shared hosting itu kayak anak manja banget, sedikit-sedikit downtime, sedikit-sedikit overload. Tentu hal ini membuat kenyamanan ngeblog jadi berkurang. Waktu terbuang percuma karena menunggu server balik seperti semula.

Berbeda dengan cloud hosting, website jarang terkendala masalah downtime, dan lain sebagainya. Jika sahabat masih belum percaya kalau dua sistem ini berbeda, maka cobalah keduanya. Bandingkan mana yang lebih baik.


Rekomendasi Shared Hosting, Cloud Hosting, dan Hosting Gratis


Sebelumnya saya telah membuat kiriman mengenai daftar penyedia layanan hosting yang perlu dipertimbangkan.

Penasaran?

Silakan baca kiriman tersebut di tautan di bawah ini.

Baca: Rekomendasi Hosting Terbaik untuk Ngeblog


Simpulan


Saya udah kehabisan kata nih. Pokonya cloud hosting lebih unggul daripada shared hosting di semua sisi. Meski begitu, hendaknya kita memilih dan membandingkan di antara keduanya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing. Kalau saya sendiri lebih memilik cloud hosting ketimbang shared hosting.


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai perbedaan antara shared hosting dengan cloud hosting. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Referensi


  • https://www.niagahoster.co.id/
  • https://www.dewaweb.com/

Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *