Rapi adalah Fokus Utama Tampilan Blog


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Saya percaya bahwa semua blogger menginginkan blognya tampil cantik. Mereka berusaha sebisa mungkin agar para pembaca blognya merasa nyaman membaca konten yang disediakan. Sama seperti halnya hukum jual beli, pembeli adalah raja. Saya rasa dalam dunia blogger juga, kita harus mengusung hukum bahwa pengunjung adalah raja. Dengan maksud, setiap blogger harus berusaha memberikan sajian nikmat pada setiap pengunjungnya. Tentu dengan tujuan agar pembaca blog yang dibina terus bertambah banyak.

Tetapi, apakah harus blog tampil cantik?

Saya pikir cantik itu relatif.

Bener ga sih?

Meski banyak orang melongo melihat wanita berpenampilan seksi. Saya justru lebih kelepek-kelepek kalau melihat wanita berpenampilan rapi dengan menggunakan hijab yang terurai. Indah bagaikan permata dunia. Hehehe.

Sama seperti blog, sebenarnya blog tidak diwajibkan tampil cantik. Karena jika kita dandani blog dengan aksesoris yang berlebihan. Justru akan terlihat seperti wanita kampungan, alias blog kampungan. Semua widget dipasang, warna blog terlalu terang menyakiti mata, alhasil para pengunjung pun males kalau nemu blog kita lagi.

Akibatnya apa?

Blog kita sepi pengunjung bro.

Nah, sedikit saran aja. Kalau blog itu cukup dengan berpenampilan rapi nan wajar. Cukup konten yang ditampilkan bisa dibaca nyaman, warna blog enak dipandang, memakai tema responsive (menyesuaikan bentuk perangkat gadget), dan widget atau aksesoris blog dipasang secukupnya untuk memudahkan pembaca melakukan fungsi-fungsi umum.

Setuju ga? Hmm, kalau gak setuju mau saya apakan ya?

Contoh Blog Yang Enak Dipandang

Sahabat bisa melihat tampilan blog saya. Hampir semua blog yang saya bina tampil dengan rapi dan cantik. Baik bila diakses dengan perangkat komputer maupun mobile. Sahabat bisa menjadikan blog saya sebagai referensi/contoh dalam pengembangan tampilan blog. Semua bisa dikerjakan, asalkan sungguh-sungguh. Gak perlu belajar koding. Ribet amat! Saya membangun blog tanpa koding-kodingan kok. Cukup ikuti tutorial-tutorial yang tersedia di Google.

Aduh, mau bahas apa lagi ya? Bingung

Mungkin segitu aja jurnalku kali ini. Meski terasa hambar dan gak penting-penting amat. Tapi semoga aja bisa memberikan manfaat bagi Sahabat yang membutuhkan informasi ini. Atau setidaknya bisa menjadi bahan bacaan Sahabat pembaca sekalian.

Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *