Rekomendasi Hosting Terbaik Untuk Ngeblog


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Pengaruh hosting pada kecepatan, performa, daya tampung, hingga keamanan sebuah website atau blog sangatlah besar. Bagi para blogger professional pemilik blog WordPress Self Hosted atau jenis blog self hosting lainnya, bukanlah perkara sulit memilih hosting yang cocok dan berkualitas baik untuk digunakan. Berbeda dengan para blogger kelas teri, jangankan memilih hosting, membuat konten blog saja sudah pusing.

Kiriman ini merupakan bagian dari kiriman Panduan Ngeblog untuk Pemula.

Meski saya belum terlalu berpengalaman soal hosting, dan juga belum banyak mencoba satu per satu setiap hosting yang ada di dunia. Namun setidaknya saya sudah pernah mencoba beberapa hosting yang saya kira baik untuk digunakan oleh blogger Indonesia. Dan saya pun tidak mau kalah dengan para blogger kelas kakap yang sudah mulai merambah ke tingkat review produk.

Dalam pos ini saya mengategorikan hosting-hosting tersebut ke dalam tiga kategori, yaitu rekomendasi cloud hosting, rekomendasi shared hosting, dan rekomendasi hosting gratis. Sebelumnya, bagi Sahabat yang masih belum tahu perbedaan antara shared hosting dan cloud hosting, bisa Sahabat pelajari di tautan di bawah ini.

Baca: Perbedaan antara Shared Hosting dengan Cloud Hosting

Semoga bisa memberikan Sahabat solusi atas kebingungan pemilihan hosting untuk ngeblog.


Rekomendasi Cloud Hosting Terbaik


>>> Dewaweb

Yayayay, berdasarkan pengalaman dan penelitian singkat saya, Dewaweb sangatlah pantas saya tempatkan sebagai shared hosting terbaik. Meski terbilang masih muda, serta menyandang status sebagai startup, saya kira Dewaweb berhasil melakukan gebrakan fantastis dengan menyediakan hosting kuat dengan fitur lengkap, namun dibandrol dengan harga murah. Oh ya, blog ini juga ditenagai oleh Dewaweb loh…

Saat saya membuat kiriman ini, Dewaweb sedang menempati posisi ke 60 pada Indonesia Top Startups, tersaingi oleh Niagahoster dan RumahWeb. Sebelumnya menempati posisi pertama dalam kategori hosting. Meski begitu, saya sendiri lebih senang dengan layanan hosting ini ketimbang layanan hosting yang lain. Berikut ada beberapa alasan saya lebih memilih Dewaweb.

Alasan Saya Memilih Dewaweb

Beranda layanan dewaweb bisa Sahabat akses di tombol berikut.


Rekomendasi Shared Hosting Terbaik


>>> Niagahoster

Meski sudah bisa dibilang ketinggalah zaman, dan kalah jauh dengan cloud hosting, shared hosting masih menjadi primadona bagi beberapa bloggger. Bisa dibilang, asal hostingnya cepat dan tangguh, embel-embel “shared hosting” gak jadi masalah.

Bisa saya bilang, kalau shared hosting lokal yang mumpuni itu cuma ada satu, yaitu niagahoster. Saya tidak begitu banyak tau perihal shared hosting selain niagahoster, karena niagahoster ini adalah raksasa pemasaran hosting di Indonesia. Sehingga banyak sekali penyedia hosting yang jauh kalah saing dengan penyedia hosting yang satu ini.

Dengan mengusung unlimited hosting, memang, niagahoster menjadi satu-satunya penyedia unlimited hosting lokal yang memasang harga murah. Jadi, bisa dipertimbangkan juga nih niagahoster sebagai pilihan hosting Sahabat.

Berikut beberapa kelebihan yang bisa Sahabat dapatkan dari niagahoster.

Kelebihan
KUPON DISKON KHUSUS PEMBACA BLOG INI

Bagi Sahabat yang tertarik menyewa shared hosting di Niagahoster, bisa pake kode promo/kupon

a-fadillaharsa

untuk mendapatkan diskon langsung sebesar 10%. Kode promo ini juga bisa Sahabat gunakan sebagai bentuk donasi pengembangan blog ini.

Beranda layanan dewaweb bisa Sahabat akses di tombol berikut.


Rekomendasi Hosting Gratis Terbaik


Meski sudah banyak penyedia hosting lokal maupun luar negeri yang menyediakan paket hosting super murah. Tetapi tetap, kalau kendala yang dihadapi adalah masalah dana. Semua paket murah itu tumbang deh.

Saya adalah salah satu orang yang pernah menjadi blogger yang menghabiskan waktu satu tahun untuk mencari hosting gratis selamanya yang sesuai dengan kebutuhan. Semua hosting gratis saya coba. Karena pengalaman itu, saya menjadi tahu hosting mana saja yang sejatinya hanya menawarkan hosting gratis abal-abal, dan hosting mana saja yang benar-benar menawarkan hosting gratis selamanya.

>>> CloudAccess

Dari ratusan hosting gratis yang ada di muka bumi ini. Saya hanya menemukan satu saja penyedia hosting gratis yang sangat mewah dan cukup untuk melakukan aktifitas blogging. Bahkan saya rasa lebih dari cukup. Bisa juga Sahabat gunakan untuk belajar ngeblog memakai WordPress Self Hosted.

Wah, emang ada ya?

Ada lah, sebaiknya Sahabat berterima kasih kepada saya atas perjuangan pencarian ini. Hehehe. Inilah CloudAccess Hosting. Satu-satunya hosting yang menyediakan hosting gratis ditambah subdomain gratis yang sangat powerfull. Lebih hebat ketimbang harus beli hosting lokal abal-abal.

Berikut konten hosting gratis yang ditawarkan CloudAccess.

  • Launch Instantly >>> Proses pemasangan mudah. Bisa memilih WordPress atau Joomla.
  • Free Subdomain >>> Terdapat tiga pilihan subdomain gratis.
  • Free Training >>> Disediakan vido pembelajaran gratis.
  • 500MB Space >>> Cukup untuk membuat blog dengan konten 1000 postingan/kiriman.
  • 1CPU/1GB RAM >>> Membuat blog Sahabat berjalan cepat, sangat cepat.
  • FTP Access
  • MySQL Access
  • Cloud Hosting >>> Membuat blog Sahabat gak pernah down.
  • Cloud Control Panel >>> Control Panel paling mudah digunakan, sangat keren deh pokoknya.

Namun, mereka juga menerapkan beberapa batasan berikut.

  1. Limited to subdomains – Upgrade to a paid plan(starting at $5) if you would like to use your own domain name. >>> Sahabat dikenai batasan hanya bisa menggunakan subdomain mereka, Sahabat bisa melakukan upgrade ke domain sendiri setelahnya (domain harus beli langsung di CloudAccess).
  2. Keep it fresh – To keep your site online, log into the CCP at least once a month. If you do not, your site may be removed. Don’t worry; we’ll send you reminders. >>> Sahabat harus login setiap satu bulan sekali untuk melakukan perpanjangan hosting gratis, jika tidak akan dikenai penghapusan web.
  3. Keep it Safe – We reserve the right to remove any site being used for malicous purposes. >>> Penyalahgunaan hosting akan dikenai sanksi penghapusan.

Saya rasa fitur di atas sangatlah cukup untuk kelas hosting gratis. Jika Sahabat membeli hosting lokal berbayar, kelas di atas rata-rata dihargai 15.000 per bulan. Lumayan juga kan.

Apa hosting gratisnya bisa diupgrade?

Tentu bisa, bahkan saya kira hosting berbayar CloudAccess juga termasuk murah di kelasnya. Sahabat cukup membayar 5 USD per bulan (pembayaran beragam, terdapat metode Visa, MasterCard, dan Paypal) untuk bisa menikmati paket hosting mini CloudAccess dengan fitur berikut:

  • Unlimited Bandwidth
  • 2GB RAM
  • 2 CPU Cores
  • 20 GB Disk Space
  • Free Staging URL
  • Unlimited Email Addresses
  • Bisa kustom domain (domain gratis Sahabat bisa di timpa dengan domain kustom)
  • CloudMail
  • Gratis Support Lanjutan
  • Gratis Sertifikat SSL

Hosting gratis ini sangat cocok untuk:

  • Sahabat yang ingin belajar menggunakan WordPress Self Hosted.
  • Sahabat yang ingin membuat blog organisasi.
  • Sahabat yang ingin membuat blog catatan pribadi.
Catatan:

Hosting gratis CloudAccess menggunakan subdomain CloudAccess. Berdasarkan pengalaman, subdomain CloudAccess sangat sulit terlacak Google. Dibutuhkan optimasi pada Google Webmaster Tools.

Beranda layanan CloudAccess bisa Sahabat akses di tombol berikut.


Tips Memilih Hosting


Saya tidak menyalahkan kalau-kalau pendapat Sahabat berbeda dengan saya. Biar bagaimanapun setiap penyedia hosting memiliki kelebihan masing-masing. Dan setiap blogger pun memiliki pilihan masing-masing. Ada yang suka dengan hosting lokal yang memanjakan para pelanggannya. Ada yang suka dengan hosting luar negeri yang menyediakan kapasitas sangat besar. Ada yang suka dengan hosting gratisan. Ada yang suka dengan cloud hosting. Ada yang suka dengan shared hosting. Semua itu saya maklumi.

Tips Memilih Hosting | Copyright Freepik.com

Disamping semua itu, saya ingin memberikan tips kuno yang masih perlu Sahabat gunakan dalam memilih hosting. Berikut saya paparkan.

>>> Lihat Kapasitas Penyimpanan Yang Ditawarkan

Sahabat perlu melihat besaran kapasitas yang ditawarkan. Sesuaikan dengan kebutuhan Sahabat. Jika Sahabat hanya seorang blogger pemula yang masih belum memiliki kiriman lebih dari seribu, kapasitas penyimpanan 1 Gb pun saya rasa sudah cukup.

>>> Lihat Kapasitas Bandwith Yang Ditawarkan

Selain kapasitas penyimpanan, kapasitas bandwith pun perlu diperhatikan. Saya sarankan pilih penyedia hosting yang menyediakan hosting unmetered atau unlimited agar web Sahabat bisa menampung berapapun jumlah pengunjung yang datang.

>>> Lihat Kapasitas RAM

Kapasitas RAM juga sangat berpengaruh. RAM kecil bisa membuat blog Sahabat overload hanya karena memasang banyak plugin. Apalagi didatangi banyak pengunjung. Untuk blogger pemula, carilah hosting dengan RAM minimal 500Mb atau 1Gb.

>>> Perhatikan Support Mereka

Support teknis sangat berharga bagi semua blogger. Jangan sampai ketika Sahabat menemui masalah teknis, tidak ada satupun Customer Service dari penyedia hosting Sahabat yang bisa membantu. Kan fatal banget.

>>> Lihat Harga

Carilah penyedia hosting yang murah, namun meyakinkan. Mestinya Sahabat curiga apabila ada hosting yang menyediakan fitur unlimited, namun dibandrol dengan harga murah. Pastinya ada kelemahan di sisi tertentu. Ingat, kualitas ditentukan oleh harga.

Eits, tapi jangan lupa juga kalau tidak semua hosting berkualitas itu mahal. Jadi, perbanyak informasi dari para blogger professional.


Penutup


Saya cukupkan di sini kiriman mengenai rekomendasi hosting terbaik untuk ngeblog. Sahabat bisa membaca kiriman mengenai Panduan Ngeblog untuk Pemula untuk melanjutkan pembelajaran ke tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Referensi


  • https://www.dewaweb.com/
  • http://rumahweb.com/
  • https://www.niagahoster.co.id/

Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan “Kang Arsa”. Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru…

Mungkin Anda juga menyukai

9 Respon

  1. Faiz berkata:

    Waaah reviewnya lengkap banget gan. Aku juga udah langganan di niagahoster. Dan emang hosting disana yang paling bagus sih dibanding sama penyedia hosting yang lain

    • Dennis berkata:

      Di niagahoster langganan hosting atau VPS gan>? Aku pake shared hostingnya niagahoster ne. Mantep banget hostingnya

  2. Michael berkata:

    Niagahoster mania kalo aku. Memuaskan banget layanannya

  3. Eka berkata:

    Shared hosting di niagahoster emang bagus. Makin kesini makin banyak yang rekomendasiin juga

  4. Firman berkata:

    Aku cocok di niagahoster. Bagus pelayanannya, customer supportnya juga ramah2, gak pernah ada cerita dijutekin sm mereka. Hehehe

  5. Salah pengguna dari dewaweb kang, thanks untuk reviewnya, saya gak perlu ngulang kata jika ingin merekomendasikannya. Salam kenal

  6. Sikalem berkata:

    Saya rasa memang ngeblog itu butuh hosting yang sangat baik, apalagi dari kapasitas memori nya. 1GB enggak cukup buat blog yang membahas berbagai topik, apalagi kalau tiap hari update artikelnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *