Template Blogger.com Terbaik Karya Anak Bangsa


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Tahun-tahun lalu, ketika template default blogspot (blogger.com) tidak menyediakan fitur responsive terhadap perangkat mobile, sehingga secara berjamaah para blogger mencari-cari template keren yang sudah mendukung fitur responsive. Tahun 2013 s.d. 2016 kemarin saya kira merupakan tahun kejayaan para pembuat template, karena pada saat itu jumlah blogger Indonesia sedang meningkat tajam, sedangkan pihak blogger sendiri tidak melakukan pembaruan pada template defaultnya.

Menurut pendapat saya, tahun ini, tahun 2017 merupakan periode keruntuhan para pembuat template. Template-template keren nan responsive, baik buatan dalam negeri maupun luar negeri mulai gak laku karena blogger sendiri sudah melakukan revolusi secara besar-besaran. Blogger sudah melakukan penambahan template default yang sudah mendukung fitur responsive dan juga fitur sinkronisasi dengan Google Adsense.

Hmm, kalau saya jadi pembuat template, mungkin kaget juga ya…

Postingan mengenai template terbaik tahun blablabla juga sudah mulai susah ditemukan. Ditambah dengan para kreator template dalam negeri sendiri satu per satu sudah mulai menghilang begitu saja. Dimulai dari Kang Ismet yang sepertinya udah pensiun, Mas Sugeng yang udah gak pernah nongol lagi, Mbak Arlina yang udah gak terlalu sering membuat template, Mas Adhi juga udah gak terlalu produktif, dan lain-lain.

Meski begitu, saya rasa masih banyak juga blogger yang membutuhkan template-template segar nan fresh. Hal itu yang meyakinkan saya masih perlu membuat kiriman blog ini.

Pada kiriman ini saya tidak akan melampirkan satu per satu jajaran template terbaik yang berhasil dibuat anak-anak Indonesia.

Kenapa?

Pengalaman sih begini, kalau saya lampirkan satu per satu, ketika ada template bagus yang baru, maka makin numpuk deh halaman pada kiriman ini. Alhasil, Sahabat mungkin saja merasa risih karena harus memilih satu dari puluhan template terbaik. Oleh karena itu, pada kiriman ini saya cukup menyediakan tautan-tautan yang merujuk pada blog penyedia template-template keren. Semuanya adalah anak bangsa Indonesia.

Yap, berikut ini adalah para kreator template blogger hebat asal bumi pertiwi.


Mas Sugeng


Mengapa saya tempatkan Mas Sugeng di urutan pertama?

Karena saya sangat menghargai jasa beliau dalam memajukan dunia blogging Indonesia. Ia berhasil memandu para pengguna internet yang awam ngeblog, menjadi para blogger professional selama kurun waktu 6 tahun. Saya sendiri bisa dibilang merupakan blogger yang bisa tampil karena beliau. Karyanya pun yang benama Evo Magz Template, berhasil menjadi template paling fenomenal di Indonesia selama beberapa tahun, kira-kira selama 4 tahun. Gak salah kalau saya sendiri sudah bosen ngeliat templatenya nempel di ribuan blog Indonesia. Hebat-hebat.

Evo Magz, Template Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah

Tapi entah kenapa nih, setahun terakhir, Mas Sugeng udah jarang nongol lagi tuh di blognya. Mungkin udah nikah, mungkin udah kaya, mungkin udah gak jadi pengangguran lagi. Entahlah, tanyakan saja secara langsung oleh Sahabat.

Klik Di Sini untuk Melihat Template Karya Mas Sugeng


Bung Frangki


Salah satu kreator template blogger yang masih aktif hingga saat ini adalah Bung Frangki. Kepandaiannya menjual template hasil karyanya hingga ke pasar internasional membuat dirinya masih tetap kokoh berkarya hingga saat ini. Karya-karyanya pun saya nilai baik dan keren-keren. Gak salah, banyak juga blogger dalam negeri yang pakai template buatannya.

Omagazine Template, Salah Satu Karya Bung Frangki.

Ada banyak pilihan template yang beliau sediakan, mulai dari template gratis hingga berbayar. Desainnya pun terbilang unik-unik.

Klik Di Sini untuk Melihat Template Karya Bung Frangki


Arlina Design


Simplify 2, Template Karya Arlina Design.

Tahun lalu, bisa dibilang Mbah Arlina lah kreator template blogger paling aktif mengeluarkan karya-karya baru secara periodik. Hampir satu bulan sekali ia memublikasikan dan menjual karya terbarunya. Karya-karyanya pun terbilang cukup populer. Karyanya banyak dipakai oleh para blogger Indonesia.

Meski saat saya membuat artikel ini, Mbak Arlina udah gak terlalu aktif membuat karya baru. Karena sepertinya, Mbak Arlina sedang fokus ke pekerjaan offlinenya. Tapi, semoga saja, Mbak Arlina tidak pensiun dari salah satu pekerjaannya sebagai pencipta template-template blogger keren, dan kembali berkarya seperti sebelumnya.

Klik Di Sini untuk Melihat Template Karya Arlina Design


Mas Adhy Suryadi


Kalau kamu sudah lama ngeblog, pasti sudah kenal juga kan dengan Mas Adhy? Yap, Mas Adhy juga salah satu kreator template yang juga memiliki andil besar dalam memajukan dunia blogger Indonesia. Mas Adhy ini saya kira seangkatan dengan Kang Ismet, yang sama-sama udah gak muda lagi usianya.

Kompi Design V2, Template Karya Mas Adhy.

Hmm, biasanya kalau beda angkatan, karyanya punya beda penampilan juga. Kita lihat bareng ya, bagaimana hasil karya dari Mas Adhy. Tapi, perlu diingat nih, sekarang Mas Adhy gak lagi ngepublish di blog pribadinya Kompi Ajaib, karyanya dipublish bareng kreator lainnya di sebuah website. Jadi, web tertaut di bawah ini isinya gak cuma hasil karya Mas Adhy aja ya.

Klik Di Sini untuk Melihat Template Karya Mas Adhy Suryadi


Basri Matindas


Gooplus, Template Keren Karya Mas Basri.

Sebelumnya saya gak begitu tau keberadaan Mas Basri ini, hingaa ketika saya membuat kiriman ini, dan gak sengaja masuk ke websitenya, saya sangat tercengang dengan karya-karyanya. Wau, gila juga nih si Mas Basri, templatenya keren-keren. Kalau Sahabat dengan penasaran dengan hasil karyanya. Cek sendiri aja deh.

Klik Di Sini untuk Melihat Template Karya Basri Matindas


Kreator Lainnya


Selain 5 kreator template di atas, sebenarnya masih sangat banyak, kreator-kreator template keren asli Indonesia. Kalau saya ulas satu per satu, rasanya tiap tahun, pasti nambah satu halaman nih kiriman. Karena saat ini kreator lokal sendiri sudah mulai bermunculan. Hmm, barangkali ini yang dinamakan perjuangan cari rezeki, hehe.

Di bawah ini beberapa kreator template blogger yang saya ketahui selama saya menjadi seorang blogger. Semoga Sahabat bisa mendapat template keren yang sesuai selera. Aaamiin.

  1. Kang Ismet
  2. Muhammad Rosyad
  3. Forum Blogger Indonesia
  4. Rhinokage Rio
  5. Fajri Andaviar
  6. Kiki (Iumari)
  7. Mas Kolis

Kalau Sahabat mengenal kreator template hebat anak Indonesia selain yang telah saya sebutkan di atas, atau Sahabat sendiri adalah kreator template blogger, Sahabat bisa komentar agar saya bisa memasukkan ke list di atas.

Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan “Kang Arsa”. Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru…

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Dari semua kreator ini saya cuman tahu 2 aja yaitu mas sugeng dan mbak arlina. Awal saya ngeblog pun gara-gara kepincut template mas sugeng yang kece banget pas tahun 2013. Tapi setahun setelahnya gak sengaja mampir di blog mbak arlina dan makin semangat ngeblog apalagi pas nyoba templatenya keren banget. Sampai sekarang pun saya masih ngikutin perkembangan template mbak arlina bahkan kalau ada template baru langsung beli deh. sekarag tumpukan templatenya mbak arlina udah ada semua mulai dari template 1 sampe sekarang yang terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *