Tips Memilih Nama Domain Blog


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Berdasarkan pandangannya terhadap arti sebuah nama, di muka bumi ini manusia terbagi menjadi dua golongan besar, keduanya sama-sama keukeuh dengan prinsipnya.

Golongan pertama adalah golongan yang sangat memperhatikan arti sebuah nama. Mereka sangat jeli dalam memilah-milah nama nama yang merupakan nama terbaik. Sampai-sampai mereka mencari informasi dengan sangat dalam untuk memahami arti dari nama tersebut.

Golongan kedua adalah golongan yang percaya bahwa nama hanya sekedar simbol. Mereka tidak terlalu memperhatikan bagus atau tidaknya nama tersebut. Yang mereka pikir, kebesaran sebuah nama dibangun atas hasil kerja keras pemilik nama tersebut.

Hmm, bagaimana dengan pemilihan nama domain blog? Apakah blogger terbagi menjadi dua golongan juga?

Betul, betul, betul. Blogger juga telah terbagi menjadi dua golongan. Golongan yang satu punya prinsip kalau nama itu gak mesti bagus, asal blognya bagus, toh nama domain blog tersebut akan ikut bagus. Golongan yang lain juga punya prinsip kalau nama domain blog akan menentukan segalanya, nama domain yang bagus bisa membuat para pengunjung lebih betah mengunjungi blog sahabat.

Haduh, kalau aku pilih mana ya? Sahabat sendiri ngikut golongan mana?

Huff, daripada kita tercerai berai, lebih baik disini saya ambil jalan tengahnya deh. Saya akan memberikan tips bagi Sahabat yang bingung memilih nama domain yang tepat, apakah asal saja, atau justru harus dipertimbangkan sebaik mungkin. Hmm, menarik.

Yuk disimak pembahasan yang satu ini.

Nama ‘Teknologi’ Bukan untuk Blog Resep Makanan

Yap, semua harusnya mengerti jika nama ‘teknologi’ bukan untuk blog resep masakan. Artinya, dalam memilih nama domain blog mestinya disesuaikan dengan topik pembahasan blog tersebut. Jujur, saya sendiri banyak menemukan nama domain blog dengan kata ‘SEO’ memiliki artikel yang berisikan konten campuran, ada konten agama, pendidikan, bahkan masakan. Haduh, kok gitu sih.

Untuk blog teknologi, Sahabat bisa menggunakan kata ‘tekno’. Untuk blog resep masakan, Sahabat bisa menggunakan kata ‘maknyus’, Untuk blog pendidikan, Sahabat bisa menggunakan kata ‘belajar’. Dan lain sebagainya.

Jangan Terlalu Ribet

Untuk Sahabat yang percaya jika nama domain blog tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas blog, saya harap Sahabat tidak menggunakan nama domain blog yang terlalu ribet. Karena pada dasarnya, nama domain yang terlalu ribet bisa membuat peluang blog tersebut menjadi blog besar mengecil. Setidaknya nama domain pilihan Sahabat mudah dibaca dan mudah diingat.

Gini deh, kalau sahabat nemu blog dengan domain sgdhsda.com, bagaimana tanggapan Sahabat? Pusing juga kan?

Membuat Brand atau Pakai Nama Pribadi?

Ada dua pilihan untuk membuat nama domain yang baik. Sahabat bisa membuat brand sendiri atau enggak juga bisa menggunakan nama pribadi sebagai brand. Contohnya dalam blog teknologi, ada yang membuat brand sendiri seperti centerklik, kampustekno, jalantikus, dll., namun ada juga yang tetap bangga dengan nama pribadinya untuk dijadikan brand blog, misalnya fadillaharsa, sugeng, kangismet, dan lain sebagainya.

Kalau Sahabat sendiri lebih tertarik yang mana?

Domain Tidak Melanggar Hak Cipta

Apabila Sahabat memilih membuat brand nama blog sendiri, pastikan Sahabat tidak menjipkan ataupun menyandur nama domain blog lain.

Maksud?

Jangan pernah mencoba-coba membuat nama domain saya-google, google-ku, wikipedia-id, dsb., karena nama domain tersebut mengandung nama brand yang telah memiliki hak cipta. Memang saat pembuatan tidak dipermasalahkan. Namun nama domain seperti itu bisa saja akan menjadi masalah ketika blog Sahabat sudah besar. Bisa-bisa Sahabat kena tuntut deh.

 

Sekian tulisan saya mengenai tips me. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan “Kang Arsa”. Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru…

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *